Alasan Amar Brkic dan Welber Jardim Bisa Bela Negara Lain Setelah Piala Dunia U-17 2023

Posted on: | in Berita Bola

LigaIndo.news – Alasan Amar Brkic dan Welber Jardim bisa bela negara lain setelah Piala Dunia U-17 2023 akan diulas Okezone. Kedua pemain keturunan tersebut baru saja membela Timnas Indonesia U-17 di fase Grup A Piala Dunia U-17 2023.

Sayangnya, Amar Brkic dan Welber Jardim gagal membawa Garuda Asia –julukan Timnas Indonesia U-17- terbang tinggi. Pasukan Bima Sakti itu harus rela tersingkir dari Piala Dunia U-17 2023 usai kalah bersaing dengan empat tim peringkat ketiga terbaik di fase grup.

Pada laga terakhir Grup A Piala Dunia U-17 2023, Timnas Indonesia U-17 sendiri kalah 1-3 dari Timnas Maroko U-17. Pertandingan tersebut dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis 16 November 2023 malam WIB.

Terlepas dari hal itu, aksi dua pemain keturunan, yakni Amar Brkic dan Welber Jardim, patut diapresiasi. Sebab, Amar Brkic yang kini main di klub Jerman yakni Hoffenheim U-17, dan Welber Jardim memperkuat klub Brasil, Sao Paolo U-17, rela jauh-jauh datang ke Indonesia untuk membela Garuda Asia.

Welber Jardim sendiri merupakan pemain keturunan berdarah Brasil-Indonesia. Darah Indonesia mengalir di tubuh bek kanan berusia 16 tahun itu dari sang ibunya. Sedangkan ayah Welber Jardim yang juga mantan pesepakbola, dia diketahui asli dari Brasil.

Sementara itu, Amar Brkic merupakan pemain berdarah Indonesia, Bosnia, dan Jerman. Sang gelandang 17 tahun itu memiliki garis keturunan Indonesia dari ibunya.

Dalam mengarungi Piala Dunia U-17 2023, jam bermain Welber dan Amar Brkic berbeda. Amar tak pernah dimainkan sebagai starter dan hanya main di babak kedua saat melawan Panama U-17 dan Maroko U-17.

Kendati demikian, Amar Brkic dan Welber Jardim ternyata bisa bela negara lain, meski telah memperkuat Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Dalam hal ini, keduanya bisa mengubah kewarganegaraan mereka karena tidak melanggar aturan FIFA.

Lihat Juga:  Rekor Head-to-Head Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Turkmenistan U-23: Mampu Putus Catatan Buruk, Garuda Muda?

Sebagai informasi, aturan FIFA menyatakan pemain tak bisa memberla negara lain jika sudah melakoni tiga caps bersama tim nasional senior di suatu negara. Berhubung Amar Brkic dan Welber Jardim belum pernah membela Timnas Indonesia senior, mereka berhak membela negara lain.

Tag: Berita Bola,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE