Anak Pengungsi Miskin Korban Perang Sudah Menang 6 Trofi Bersama Bayern Munchen

Posted on: | in Berita Bola

Siapa yang sangka anak pengungsi miskin yang lari dari negaranya akibat perang ini akan memenangi enam trofi utama bersama Bayern Munchen hanya dalam waktu 8 bulan saja! Tahu usianya berapa? Masih 20 tahun dan dia main penuh 90 menit dalam kemenangan final Piala Dunia Antarklub, tadi malam.

Lahir di kamp pengungsian korban perang di Buduburam, Ghana, Alphonso Davies pindah ke Kanada bersama kedua orang tuanya. Ia kemudian mengikuti Free Footie, program liga sepak bola untuk anak-anak sekolah dasar di kota Edmonton yang tak punya uang untuk membeli sepatu bola atau membayar kursus bermain sepak bola.

Bakatnya mulai terlihat saat usianya 14 tahun dan dengan cepat ia menjadi pemain termuda yang tergabung dalam sebuah klub sepak bola di United Soccer League, divisi kedua sepak bola di Amerika Serikat dan Kanada, di bawah Major League Soccer.

Salah satu momen paling penting dalam hidupnya adalah saat sebagai pemain Vancouver Whitecaps FC, berbicara di depan Kongres FIFA soal bagaimana Kanada menerima ia dan keluarganya dengan tangan terbuka usai mengungsi dari perang di Liberia. Atas dasar kesaksiannya itu, dan sejumlah faktor lain, hajatan Piala Dunia 2026 diberikan ke tiga negara tuan rumah: Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko.

Sisanya adalah sejarah. Alphonso Davies kemudian ditransfer masuk oleh Bayern Munchen pada 1 Januari 2019 dan beberapa pekan kemudian memulai debutnya di Bundesliga serta mencetak gol pertamanya bagi Die Roten pada Maret 2019. Sejak saat itu ia tak tergantikan.

Dalam laga final Piala Dunia Antarklub di Qatar, Jumat 12 Februari 2021, ia tampil sebagai salah satu starter dan dipercaya bermain selama 90 menit oleh Hansi Flick. Hasilnya kita sudah tahu semua, Bayern menang atas Tigres dengan skor 1-0 berkat gol tunggal pemain belakang Benjamin Pavard. Dengan demikian dalam rentang delapan bulan saja, Der FCB sudah meraih sextuple, menyamai rekor Barcelona. Semuanya dimulai pada Juni 2020 dengan menjadi juara Bundesliga, dilanjutkan secara berturut-turut trofi DFB Pokal, Liga Champions, Supercup UEFA, Piala Super Jerman dan Piala Dunia Antarklub. Detailnya adalah sebagai berikut:

  • Trofi Bundesliga, Juni 2020
  • DFB Pokal mengalahkan Bayer Leverkusen 4-2 di final
  • Liga Champions, mengalahkan PSG 1-0 di final
  • Piala Super Eropa, menang 2-1 atas juara Liga Europa Sevilla
  • Piala Super Jerman, mengalahkan Dortmund 3-2
  • Piala Dunia Antarklub, mengalahkan Tigres 1-0
Lihat Juga:  Doa Memphis Depay: Semoga Saya Sering Dimainkan Bareng Lewandowski

Kemenangan Alphonso Davies akan disambut dengan gembira oleh Kanada, negara asalnya Liberia dan semua kamp pengungsi di Ghana. Dia lahir di sana. Davies adalah anak pengungsi miskin korban perang yang kini memulai hidup barunya di Allianz Arena, mengantongi enam trofi utama dalam delapan bulan! Dalam foto di atas, ia berdiri nomor tiga dari kanan.

Tag: Berita Bola,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE