Barcelona Resmi Didakwa soal Suap Wasit, Dilarang Main di Liga Champions?

Posted on: | in Berita Bola

LigaIndo.news – BARCELONA resmi didakwa soal suap wasit, klub asal Catalan itu kini berpotensi dilarang bermain di Liga Champions. Klub Liga Spanyol tersebut dikabarkan memberikan uang kepada mantan wakil presiden komite wasit Spanyol yakni Jose Maria Enriquez Negreira, sebuah tindakan yang dianggap sebagai korupsi individual.

Jose Maria Enriquez Negreira merupakan wakil presiden komite wasit Spanyol untuk masa jabatan 1994 sampai 2018. Jose Maria Enriquez Negreira dilaporkan menerima uang dari Barcelona untuk periode 2001 hingga 2018.

Barcelona mengirimkan uangnya selama periode tahun tersebut ke dua rekening milik Jose Maria Enriquez Negreira. Dua rekening tersebut merupakan milik perusahaan Jose Maria Enriquez Negreira yakni DASNIL dan NILSAT, totalnya mantan wakil presiden komite wasit Spanyol menerima 7,3 juta euro (120,3 miliar rupiah) dari Barcelona selama kurun waktu tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan Pengadilan Barcelona pada Jumat 10 Maret 2023 kemarin, kasus tersebut merupakan skandal korupsi individual yang tindakannya berpotensi menguntungkan Barcelona sebagai klub.

“FC Barcelona mendapatkan dan menjaga kesepakatan lisan rahasia dengan Negreira, sehingga, sebagai wakil presiden komite wasit, dengan imbalan uang, dia akan melakukan tindakan untuk menguntungkan Barca melalui wasit,” bunyi pernyataan Pengadilan Barcelona.

Dari kubu Barcelona, mereka tidak membantah melakukan pembayaran kepada Jose Maria Enriquez Negreira. Namun, klub asal Catalan tersebut beralasan bahwa semua uang yang disetorkan kepada Jose Maria Enriquez Negreira, merupakan bentuk kerjasama bisnis.

“FC Barcelona menyewa jasa konsultan eksternal yang memasok sekretaris teknis klub dengan laporan dalam format video pemain muda dari klub lain di Spanyol,” bunyi pernyataan resmi Barcelona beberapa waktu lalu.

“Layanan outsourcing semacam ini menjadi tugas seorang profesional yang bekerja untuk Departemen Sepakbola,” lanjutnya.

Lihat Juga:  Liverpool Krisis Pemain, Klopp Tuntut Lima Pergantian di Liga Inggris

Hingga saat ini belum ada putusan lebih lanjut, tapi, Barcelona berpotensi menghadapi hukuman berat apabila kasus korupsi Jose Maria Enriquez Negreira terbukti benar.

The Athletic melaporkan bahwa hukuman empat tahun bisa diberikan kepada individu yang terlibat. Sementara itu, lembaga yang bersangkutan, dalam hal ini Barcelona bisa didiskualifikasi dari ajang yang sedang diikuti dan didenda sesuai hukum aturan yang berlaku.

Beruntungnya bagi Barcelona, Presiden Liga Spanyol Javier Tebas mengatakan bahwa klub asal Catalan tersebut tidak akan dijatuhi sanksi karena proses hukum kejadian sudah berjalan lebih dari tiga tahun.

“Lima tahun telah berlalu dan periode pemberian jenis sanksi ini berakhir setelah tiga tahun,” kata Javier Tebas.

Namun, Barcelona tidak bisa senang begitu saja karena mereka masih berpeluang untuk dihukum. Mengutip Pasal 4.02 dalam aturan UEFA, organisasi sepakbola tertinggi Eropa berhak membatalkan partisipasi klub dalam kompetisi yang mereka jalankan.

UEFA bisa menghukum Barcelona jika terbukti melakukan kegiatan yang mengatur atau mempengaruhi pertandingan di tingkat nasional. Dalam hal ini, membayar komite wasit merupakan bentuk mempengaruhi pertandingan. Jadi, ada kemungkinan Barcelona bisa dilarang main di kompetisi UEFA, termasuk Liga Champions.

Tag: Berita Bola,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE