Beri Update Proses Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick, Erick Thohir: Sudah Ditanda Tangan Presiden

Posted on: | in Berita Bola

LigaIndo.news – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberi update soal proses naturalisasi pemain keturunan, Ivar Jenner dan Rafael Struick, menjadi warga negara Indonesia (WNI). Dia memastikan proses natualisasi itu akan segera rampung karena sudah ditandatangani oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Ya, Ivar Jenner dan Rafael Struick masuk daftar pemain keturunan Indonesia yang siap dinaturalisasai demi membela Timnas Indonesia. Sebelumnya, kedua pemain itu hendak dinaturalisai demi memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Namun, Timnas Indonesia U-20 dipastikan gagal tampil di Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya, FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Meski batal tampil di Piala Dunia U-20 2023, Ivar Jenner dan Rafael Struick tetap berkomitmen menjadi WNI. Mereka pun terus menjalani proses naturalisasi yang kini tahapannya disebut Erick Thohir dipastikan sudah ditandatangani oleh Presiden Jokowi.

Dengan begitu, Ivar Jenner dan Rafael Struick akan segera menyusul langkah pemain keturunan lainnya untuk segera menjadi WNI. Salah satunya adalah Shayne Pattynama yang baru saja mengucap sumpah sebagai WNI pada 25 Januari 2023.

“Saya ingin menyampaikan proses naturalisasi sesuai dengan komitmen kita, satu demi satu terselesaikan. Kemarin, kita lakukan Shayne Pattynama yang posisinya bek kiri, itu sudah selesai,” ujar Erick Thohir dalam keterangan resmi di Jakarta, dikutip Sabtu (6/5/2023).

“Saya juga ingin memastikan Ivan Jenner yang posisinya bisa di tengah jadi bisa main gelandang bertahan posisinya, bersama dengan Rafael (Struick) yang posisinya di penyerang kiri, itu juga Alhamdulillah bapak presiden tadi menyampaikan bahwa prosesnya sudah ditanda tangan beliau,” sambungnya.

“Jadi, sekarang tinggal ke proses lanjutannya, soal sumpah dan paspor. Jadi, paling tidak 3 pemain naturalisasi selesai,” jelas Erick.

Lihat Juga:  Teman Akrab Lionel Messi Segera Susul La Pulga Gabung Inter Miami

Lebih lanjut, Erick Thohir juga membeberkan rencana Ivar Jenner dan Rafael Struick menjalani janji sumpah menjadi WNI. Dia menyebut hal itu bisa saja terjadi di pertengahan Mei 2023.

“Nanti kita tunggu, prosesnya kan baru selesai. Mungkin minggu depan, mungkin di pertengahan Mei setelah SEA Games, kita coba bawa pulang mereka ke Indonesia, pulang kampung,” pungkas Erick Thohir.

Tag: Berita Bola,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE