Dilema Zidane di Real Madrid, Tim Berpengalaman Atau Pemain Muda?

Posted on: | in Berita Bola

Zinedine Zidane mengalami dilema besar menjelang musim baru Liga Spanyol 2020/2021, dengan sang juara bertahan baru akan mulai bermain Senin (21/9), apakah menurunkan tim berpengalaman atau tim muda?

Dilema yang dialami oleh sang pelatih Prancis itu adalah, dia memiliki kedalaman skuad yang luar biasa, artinya secara teoritis ia bisa menurunkan tiga starting XI pada tiga kompetisi berbeda yang kualitasnya tidak berbeda jauh satu sama lain.

Skuad utama Los Blancos kini semakin kuat dibandingkan musim lalu kendati mereka tak mendatangkan pemain baru. Bahkan sebaliknya raksasa ibukota Spanyol malah melepas pemain yang tak masuk dalam rencana klub musim ini, membuat mereka meraih pendapatan hampir 1,3 Trilyun rupiah tanpa sepeserpun mengeluarkan uang untuk transfer masuk.

Umumnya, Zinedine Zidane biasa memainkan susunan pemain utama yang sama, yang cenderung bisa mendominasi permainan. Toni Kroos dan Luka Modric telah mengatur lini tengah selama beberapa tahun, membawa kualitas teknis mereka ke dalam gaya permainan Los Blancos.

Namun dia kini punya banyak opsi pemain muda berbakat yang lebih berstamina, yang membuat pelatih Prancis itu bisa memiliki opsi taktik yang berbeda untuk memanfaatkan kekuatan fisik mereka. Martin Odegaard adalah contoh utama, yang mengesankan soal staminanya serta kekuatannya dan kemampuannya dengan bola. Baik ia dan Fede Valverde, yang kekuatan larinya serupa, telah diberi label sebagai gelandang tipe box-to-box oleh staf pelatih tim utama.

Selanjutnya, masih ada duo Vinicius Junior dan Rodrygo Goes di lini depan. Dua bintang muda Brasil itu tiba di Real Madrid sebagai penggiring bola yang luar biasa, dan mereka sekarang memiliki fisik yang lebih kuat untuk menjadi kekuatan baru di sisi sayap serangan.

Lihat Juga:  Luka Modric Bantah Real Madrid Banyak Diuntungkan Oleh VAR

“Mereka masih merupakan pemain dengan kualitas dribble yang hebat, tetapi mereka mendapatkan banyak kekuatan dari fisik mereka,” kata pelatih pribadi mereka, Thiago Lobos dan Marcel Duarte.

Keempat pemain muda ini, ditambah Ferland Mendy di bek kiri, akan memberikan alternatif susunan pemain dengan kekuatan fisik yang mengagumkan bagi Zinedine Zidane. Jika manajer 48 tahun memilih menurunkan pemain muda dengan kekuatan fisik, maka berikut ini adalah line-up yang bisa diturunkan.

Real Madrid muda (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Ferland Mendy; Casemiro, Fede Valverde, Marin Odegaard; Rodrygo Goes, Vinicius Junior. Karim Benzema.

Namun, para pemain yang melayani Zinedine Zidane dengan sangat baik sejak tugas pertamanya di Santiago Bernabeu masih memiliki banyak kualitas untuk terus diandalkan di musim ini.

Trio lini tengah Casemiro, Toni Kroos dan Luka Modric memiliki peran yang sangat menonjol dalam tiga kemenangan Liga Champions berturut-turut. Mereka, bersama Eden Hazard, Isco Alarcon dan Marcelo Viera, akan cocok untuk skuad yang lebih teknis. Susunan pemain ini akan mempertahankan gaya bermain mereka selama ini yang sudah teruji dan terbukti.

Real Madrid senior (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo Viera; Casemiro, Toni Kroos, Luka Modric; Isco Alarcon, Eden Hazard, Karim Benzema.

Hanya saja Zinedine Zidane memang juga dikenal sebagai manajer yang kadang bisa menurunkan susunan pemain yang mengejutkan dalam setiap laganya dan ini akan menarik bagaimana dia memilih starting XI terkuat Real Madrid untuk mempertahankan gelar LaLiga mereka musim ini.

Tag: Berita Bola, ,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE