Dua Agenda Delegasi FIFA saat Sambangi Indonesia

Posted on: | in Berita Bola

LigaIndo.news – FIFA akan melakukan dua kali kunjungan ke Indonesia dalam waktu dekat. Dua lawatan ini memliki agenda terpisah, yakni membahas Tragedi Stadion Kanjuruhan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Perwakilan FIFA yang diutus pun berbeda. Presiden FIFA Gianni Infantino akan langsung turun tangan khusus untuk Tragedi Kanjuruhan yang telah menyita perhatian sepak bola dunia.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali menyampaikan, Gianni Infantino akan tiba di Indonesia pada Selasa (18/10/2022).

Kedatangannya untuk membantu langsung langkah Indonesia mentransformasi tata kelola sepak bola Tanah Air.

“Tanggal 18 (Oktober 2022), FIFA akan ada di Indonesia. Nanti di tanggal itu, rencananya langsung ketemu dengan Pak Presiden (Joko Widodo) dan informasinya Presiden FIFA langsung yang datang,” ungkapnya.

FIFA bersama dengan AFC memang telah memutuskan untuk membantu Indonesia mengatasi peristiwa kelam yang baru saja terjadi.

Tragedi Kanjuruhan itu menelan 132 korban jiwa meninggal dunia selepas laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 antara Arema FC dan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022).

Kerja sama di antara ketiga pihak ini mencakup lima poin penting:

  1. Standar keamanan stadion,
  2. Standar protokol dan prosedur pengamanan,
  3. Komitmen antara klub dan para suporter,
  4. Rekomendasi penyusunan jadwal pertandingan,
  5. Menghadirkan pendampingan dari para ahli di bidangnya.

“Saya harap rekomendasi-rekomendasi FIFA itu bisa kita terapkan. Jadi kita bisa lakukan perbaikan-perbaikan serius dan kompetisinya bisa jalan lagi,” ucapnya.

Selain soal tragedi, delegasi FIFA juga akan berkungjung ke di Indonesia untuk mengecek kesiapan Tanah Air sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Sejauh ini, status tersebut tidak hilang usai terjadinya Tragedi Kanjuruhan.

FIFA bahkan tidak memberikan hukuman atau sanksi kepada Indonesia.

Lihat Juga:  Paulo Fonseca Resmi Nahkodai Tim Peringkat 10 Perancis Musim Lalu

Berarti, kompetisi sepak bola profesional akan jalan lagi seperti biasa dan timnas Indonesia tetap akan bisa berpartisipasi dalam ajang internasional.

“Sebenarnya kalau sekarang sih FIFA sudah ada di Indonesia. Bahkan mereka sedang rapat dengan kami [Kemenpora] dan dengan Kemendagri juga, tapi urusannya untuk persiapan Piala Dunia U20 2023,” pungkasnya.

Tag: Berita Bola,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE