Jordi Amat dan Sandy Walsh Belum Tentu Bisa Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 meski Naturalisasi Tuntas Bulan Depan

Posted on: | in Berita Bola

LigaIndo.news – PSSI menargetkan naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh tuntas pada bulan depan. Keduanya juga diharapkan dapat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh telah memasuki babak akhir. Keduanya tinggal menunggu Surat Keputusan Presiden (Keppres).

Setelah itu, Jordi Amat dan Sandy Walsh akan diambil sumpah untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

“Mudah-mudahan dapat segera terwujud sehingga mereka bisa membela Timnas Indonesia pada Desember 2022,” ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi dinukil dari Antara.

Jeda Waktu Sekitar Sebulan

Bila naturalisasi selesai pada November 2022, artinya Jordi Amat dan Sandy Walsh masih punya waktu sekitar sebulan sebelum Piala AFF 2022 digelar.

Timnas Indonesia akan berkancah di Piala AFF 2022 pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023 dengan format kandang dan tandang.

Seusai menerima status sebagai WNI, apakah Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah bisa membela Timnas Indonesia? Jawabannya belum.

Perpindahan Asosiasi

PSSI masih harus memproses administrasi alih status dan perpindahan asosiasi Sandy Walsh dari Belanda dan Jordi Amat dari Spanyol ke FIFA.

Andai pergantian federasi Sandy Walsh dan Jordi Amat telah mendapatkan pengesahan dari FIFA, keduanya baru bisa bermain untuk Timnas Indonesia.

Perkara perubahan asosiasi itu pernah menimpa Ezra Walian. Gara-gara memorandum dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB), striker naturalisasi Persib Bandung itu sempat terkendala memperkeuat Timnas Indonesia.

Izin Klub

Selain perpindahan asosiasi, Jordi Amat dan Sandy Walsh belum tentu dapat membela Timnas Indonesia karena Piala AFF 2022 tidak termasuk kalender FIFA.

Artinya, klub keduanya berhak untuk tidak melepas Jordi Amat dan Sandy Walsh ke Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

Lihat Juga:  Parah! Neymar Disamakan Dengan Anjing Oleh Pemain Marseille Ini

“Soal itu, kami berkomunikasi dengan klub-klub mereka. Ada beberapa klub yang rehat saat kompetisi itu,” tutur Yunus Nusi.

“Kalau begitu, mungkin klub akan mengizinkan kecuali mereka sedang ada di kompetisi dan sangat dibutuhkan. Namun, kami juga tidak bisa memaksakan karena memang bukan FIFA Matchday,” imbuhnya.

Jordi Amat Oke, Sandy Walsh Susah

Saat ini, Sandy Walsh bermain di kasta teratas Liga Belgia bersama KV Mechelen. Bek sayap berusia 27 tahun itu telah beraksi 15 kali dan membuat dua gol dan dua assists musim 2022/2023.

Sandy Walsh kemungkinan tidak akan dilepas KV Mechelen mengingat Liga Belgia berjalan terus dalam periode Piala AFF 2022.

Sementara Jordi Amat, baru saja pindah ke klub kaya raya Malaysia, Johor Darul Ta’zim. Bek berpaspor Spanyol itu juga sudah melakoni debutnya ketika bertanding di Liga Champions Asia.

Peluang Jordi Amat berbaju Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 amat besar sebab Liga Super Malaysia telah tuntas dan Piala Malaysia bakal berakhir pada 26 November 2022.

Tag: Berita Bola,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE