Shin Tae-yong Pelatih Terlama yang Tangani Timnas Indonesia? Begini Syaratnya!

Posted on: | in Berita Bola

LigaIndo.news – Shin Tae-yong menjadi pelatih terlama yang menangani Timnas Indonesia? Pada Desember 2023 alias dua bulan lagi, Shin Tae-yong genap empat tahun membesut Timnas Indonesia.

Selama empat tahun itu, ada sejumlah prestasi yang dicetak juru taktik asal Korea Selatan ini bersama Timnas Indonesia. Shin Tae-yong menjadi pelatih pertama yang meloloskan tiga kelompok Timnas Indonesia ke Piala Asia, yakni U-20, U-23 dan senior.

Selain itu, Shin Tae-yong berhasil menciptakan dua kelompok Tim Nasional yang sama baiknya, yakni U-23 dan senior. Hal itu terbukti saat Timnas Indonesia dan Timnas Indonesia U-23 sama-sama meraih hasil positif pada FIFA Matchday September 2023 dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, meski turun dengan skuad berbeda.

Satu lagi, Shin Tae-yong juga berhasil mendongrak ranking FIFA Timnas Indonesia. Terhitung dari pertama kali menjabat, Shin Tae-yong mendongkrak ranking FIFA Timnas Indonesia sebanyak 26 anak tangga, tepatnya dari posisi 173 ke 147 dunia!

Sejatinya, Shin Tae-yong tercatat sebagai pelatih kedua terlama yang membesut Timnas Indonesia. Ia bersanding dengan pelatih asal Uni Soviet, Anatoli Polosin, yang empat tahun (1987-1991) menangani Timnas Indonesia.

Lantas, siapa pelatih terlama yang menangani Timnas Indonesia? Jawabannya adalah juru taktik asal Yugoslavia, Antun Pogacnik.

Antun Pogacnik tercatat sembilan tahun (1954-1963) membesut Timnas Indonesia. Sejumlah pencapaian dicetak Antun Pogacnik selama menangani skuad Garuda.

Ia mengantarkan Timnas Indonesia merebut medali perunggu Asian Games 1958. Sekadar diketahui, ini merupakan momen satu-satunya Timnas Indonesia mendapatkan medali di cabang olahraga sepakbola putra Asian Games.

Selain itu, Antun Pogacnik juga mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke perempatfinal Olimpiade Melbourne 1956. Di babak ini, Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Uni Soviet, tim yang akhirnya keluar sebagai juara!

Lihat Juga:  Ambisi Tak Realistis Messi Penyebab Kegagalan Griezmann, Coutinho Atau Siapa Pun di Barcelona

Sekarang yang jadi pertanyaan, bisakah Shin Tae-yong menggeser Antun Pogacnik menyandang status pelatih terlama yang menangani Timnas Indonesia? Hal itu bisa terjadi jika Shin Tae-yong sanggup mendongkrak performa Timnas Indonesia, sehingga lolos ke ajang-ajang besar atau merebut trofi.

Tag: Berita Bola,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE