Jelang Duel Lawan Filipina, Jacksen F Tiago Beber Masalah Utama Timnas Indonesia

Posted on: | in Berita Bola

LigaIndo.news – Jelang duel melawan Timnas Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026, sks striker Persebaya Surabaya yakni Jacksen F Tiago mengungkapkan bahwa Timnas Indonesia bermasalah dengan aspek mentalnya.

Timnas Indonesia baru saja mendapatkan pukulan telak saat melawat ke markas Irak (16/11/2023). Tak tanggung-tanggung, Skuad Garuda dibantai dengan skor telak 5-1 oleh sang tuan rumah.

Kekalahan menyakitkan tersebut menyulitkan langkah Timnas Indonesia menuju ke pentas dunia. Sebab di pertandingan lain, Vietnam berhasil mengungguli Filipina 0-2 di depan pendukungnya sendiri.

Pertarungan antara Filipina dan Indonesia di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (21/11/2023) bakal jadi pertarungan kunci. Bila ingin tetap bersaing, mereka wajib menggasak tiga angka sempurna di laga ini.

“Kalau saya sebenarnya masalah Timnas Indonesia di level internasional adalah aspek mental. Soal passing dll sebetulnya mereka bisa melakukan itu. Tetapi karena aspek mental, itu memengaruhi performa di lapangan,” klaim Jacksen.

Tekanan Psikologis

Pria yang pernah menjabat sebagai juru racik Timnas Indonesia itu mengkritisi media yang membuat anak asuh Shin Tae-yong lebih tertekan. Walau begitu, ia yakin STY mampu membangkitkan mental pemain di pertandingan selanjutnya.

“Sebelum pertandingan, heboh di media akan ada 65 ribu penonton. Meraka sudah tulis dan itu memberikan pengaruh ke aspek psikologis. Tentu pelatih akan fokus ke situ (psikologi pemain),” ucapnya.

“Coach STY itu punya kelebihan di aspek mental pemain. Dia bisa membuat pemain jadi lebih kuat secara pribadi. Meskipun ada ada hal lain pastinya seperti passing dll. Tapi lain dari itu, dia mampu memberikan keyakinan. Itu cerita dari anak saya (Hugo Samir),” ungkap Jacksen.

Komposisi Pemain

Pria yang kini menjabat sebagai direktur akademi Persis Solo itu juga tak habis pikir dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang menilai seorang pemain lebih layak bermain di Timnas Indonesia ketimbang lainnya.

Lihat Juga:  Data dan Fakta Piala Dunia 2022 Brasil vs Korea Selatan: Awas, Rekor Medioker Taeguk Warriors!

Pasca kekalahan telak tersebut memang muncul sejumlah kritikan dari netizen tanah air. Salah satunya adalah mempertanyakan komposisi pemain pilihan STY. Dalam hal ini mereka menyoroti absensi Stefano Lilipaly yang sejatinya tengah moncer bersama Borneo FC Samarinda.

“Kalau soal komposisi pemain di mata beliau, saya tak bisa bicara. Itu komposisi dipilih setelah mengikuti pemain sehari-hari. Apa yang saya lihat untuk mengubah keadaan di Filipina adalah aspek mental dan saya yakin bisa menang di sana,” tegasnya.

Tag: Berita Bola,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE