Kutukan Philippe Troussier Lawan Timnas Indonesia Berlanjut: 3 Kali Main, 3 Kali Kalah!

Posted on: | in Berita Bola

LigaIndo.news – Kutukan Philippe Troussier ketika bertemu Timnas Indonesia masih berlanjut. Terbaru, Vietnam yang diasuh Troussier harus menyerah 0-1 dari Tim Garuda dalam laga kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2023).

Gol semata wayang yang diciptakan kapten Asnawi Mangkualam dari titik penalti di akhir babak pertama sudah cukup untuk membawa Timnas Indonesia membungkam Vietnam 1-0 di Abdullah bin Khalifa Stadium.

Yang menarik jika melihat rekam jejak, Philippe Troussier seperti terkena kutukan jika bertemu Timnas Indonesia.

Ya, masih lekang dalam ingat ketika Vietnam dikalahkan Indonesia pada semi final SEA Games 2023 dengan skor 2-3.

Beberapa pemain yang kala itu bermain seperti Ernando Ari, Pratama Arhan sampai Marselino Ferdinan kembali jadi momok menakutkan untuk Philippe Troussier.

Kutukan Philippe Troussier

Menariknya jika melihat ke belakang, Philippe Troussier juga pernah kehilangan pekerjaan akibat dipermalukan Timnas Indonesia di Piala Asia 2004 China.

Ketika itu, Troussier masih menangani Timnas Qatar di Piala Asia 2004. Namun, nakhoda asal Prancis itu dipecat di tengah turnamen akibat dipecundangi Timnas Indonesia.

Qatar memulai Grup A Piala Asia 2004 dengan kekalahan 1-2 dari Timnas Indonesia setelah dibobol oleh Budi Sudarsono serta Ponaryo Astaman dan hanya bisa membalas sekali lewat Magid Mohamed.

Dua hari berselang, Troussier mesti menerima risikonya. Arsitek kelahiran 21 Maret, 155, ini didepak dari kursinya sebagai pelatih meski Qatar masih menyisakan dua partai Grup A Piala Asia 2004.

Kekecewaan Troussier

Menariknya sebelum pertandingan Timnas Indonesia kontra Vietnam di Piala Asia 2024, media Vietnam, The Thao 247, menceritakan kembali kejadian 20 tahun lalu yang masih menghantui Troussier tersebut. “Saya sangat kecewa dan terkejut,” kata Troussier.

Lihat Juga:  9 Laga Tak Terkalahkan, Persebaya Tetap Evaluasi Pertahanan dan Lini Serang

“Sebab, saya tidak pernah berpikir saya akan berhenti di turnamen ini setelah semua upaya yang saya lakukan untuk Piala Asia 2004.”

“Saya menghormati keputusan Federasi Sepak Bola Qatar. Tetapi pada saat yang sama, saya menyesali keputusan tersebut,” imbuh Troussier.

Patut ditunggu apakah kekalahan dari Indonesia akan membuat Troussier dipecat dari jabatannya sebagai pelatih Vietnam. Karena praktis tren performa Vietnam di bawah asuhannya juga sangat buruk.

Tag: Berita Bola,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE