Satu Grup dengan Jepang di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Rugi Besar!

Posted on: | in Berita Bola

LigaIndo.news – Satu grup dengan Jepang di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia rugi besar. Sebab jika Timnas Indonesia kalah telak lawan Jepang, maka tim besutan Shin Tae-yong itu kesulitan untuk meraih peringkat tiga terbaik yang menjadi jalur lain untuk lolos ke babak 16 besar selain juara grup dan runner-up grup.

Seperti diketahui, drawing Piala Asia 2023 telah dilaksanakan di Katara Opera House, Doha, Qatar, Kamis 11 Mei 2023. Timnas Indonesia (ranking 149) masuk ke dalam Grup D bersama Vietnam (95), Irak (67), dan unggulan utama Jepang (20).

Dikarenakan satu grup dengan Jepang di fase grup Piala Asia 2023, Timnas Indonesia bisa dibilang rugi besar. Pasalnya, Timnas Indonesia berpotensi dikalahkan Samurai Biru -julukan Timnas Jepang- dengan skor telak.

Hal tersebut bisa saja terjadi. Sebab, Timnas Jepang saat ini menduduki peringkat satu Asia (20 dunia). Apalagi, Timnas Jepang sukses mengandaskan Jerman dan Spanyol dengan skor identik yakni 2-1 di Piala Dunia 2022.

Jika benar Timnas Indonesia kalah telak dari Jepang, maka tim asuhan Shin Tae-yong itu akan kesulitan raih peringkat tiga terbaik. Bahkan, Timnas Indonesia terancam tidak lolos, meski finis di peringkat ketiga Grup D, karena selisih golnya bisa kalah sama peringkat tiga dari grup lain.

Sebagai informasi, pada aturan Piala Asia 2023 ini akan ada empat tim yang berstatus sebagai peringkat tiga terbaik dari enam grup di kompetisi tersebut yang berhak lolos ke babak 16 besar. Itu artinya, selain juara grup dan runner-up grup, empat tim yang berstatus sebagai peringkat tiga terbaik akan melaju ke babak selanjutnya.

Oleh karena itu, Timnas Indonesia paling minimal harus menahan imbang atau kalah tipis dari Jepang dengan catatan menang atas Vietnam dan imbang kontra Irak jika ingin menjadi salah satu tim peringkat ketiga terbaik. Syukur jika Timnas Indonesia bisa mengalahkan Vietnam dan Irak agar lebih aman mendapat tempat dua besar di Grup D.

Lihat Juga:  Kimmich Catat Rekor Baru Tadi Malam, Kalahkan Kuartet Madrid & Kiper Barcelona

Seperti yang sudah disinggung di atas, seandainya Timnas Indonesia kesulitan mengincar dua posisi teratas di Grup D, setidaknya tim besutan Shin Tae-yong masih berpeluang untuk lolos ke babak 16 besar melalui jalur peringkat ketiga terbaik. Hal itu bukan tidak mungkin bisa dilakukan oleh Shin Tae-yong.

Terlepas dari hal itu, Piala Asia 2023 sendiri dijadwalkan berlangsung pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024 di Qatar. Pada laga perdananya, 15 Januari 2024, Timnas Indonesia akan menghadapi Irak di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan.

Kemudian pada 19 Januari 2024, Timnas Indonesia ditantang Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Selanjutnya pada 24 Januari 2024, Timnas Indonesia bersua Jepang di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan.

Tag: Berita Bola,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE