Timnas Indonesia Bisa Bernapas Lega, Kekalahan 0-4 Lawan Libyya Tak Berpengaruh ke Ranking FIFA

Posted on: | in Berita Bola

LigaIndo.news – Timnas Indonesia untuk sementara bisa bernapas lega. Pasalnya, kekalahan dengan skor telak 0-4 yang mereka derita kala menghadapi Libya, Selasa (2/1/2024) tak berpengaruh ke penghitungan poin untuk ranking FIFA. Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Pada laga yang digelar di Titanic Mardan Stadium, Atalya, Turki, Timnas Indonesia kebobolan satu gol pada babak pertama. Gol Libya dicetak oleh Ahmed Ekrawa (25′).

Setelah itu, gawang Timnas Indonesia kebobolan tiga gol tambahan pada babak kedua. Libya menambah gol melalui Omar Al Khoja (58′), Nour Al Din Al Qulaib (89′), dan Alaa Al Qajdar (90+2′).

Dalam laga itu, Timnas Indonesia dan Libya banyak melakukan pergantian demi mencoba kemampuan pemain. Erick Thohir menyebut alasan inilah yang membuat laga tidak dihitung poin FIFA.

“Pertandingan hari ini tidak dihitung poin FIFA karena Timnas Indonesia mencoba seluruh pemain. Pemain babak pertama sangat berbeda dengan pemain yang pada babak kedua. Jadi tidak mengikuti aturan FIFA yang hanya boleh lima pemain pengganti,” kata Erick Thohir.

Dihitung Poin FIFA

Timnas Indonesia kembali akan menghadapi Libya pada uji coba kedua yang digelar di tempat sama. Erick Thohir menyebut laga ini yang akan masuk hitungan poin FIFA.

Dengan demikian, masing-masing tim hanya boleh melakukan lima pergantian pemain. Laga ini jadi kesempatan buat pelatih Shin Tae-yong untuk menurunkan susunan pemain terbaik.

“Pertandingan kedua tanggal 5 Januari baru akan mengikuti aturan FIFA dan ada penghitungan poin FIFA,” tegas Erick Thohir.

Skor Identik

Kekalahan 0-4 dari Libya pada laga uji coba jelang Piala Asia 2023 menjadi deja vu buat Timnas Indonesia. Kekalahan ini identik seperti pertemuan pertama kedua tim pada 1977.

Lihat Juga:  Sukses Kroasia, Buah Kloning DNA Real Madrid

Timnas Indonesia saat itu menyerah dengan skor 0-4 juga pada laga Turnamen Merdeka. Dengan demikian, Timnas Garuda belum pernah menang melawan Libya pada laga resmi.

Mirisnya, Timnas Indonesia juga tak mampu mencetak gol ke gawang Libya pada laga resmi. Ini menjadi motivasi untuk pertemuan selanjutnya yang akan dimainkan kedua tim pada 5 Januari 2024.

Belum Menang Lagi

Kekalahan dari Libya memperpanjang tren negatif Timnas Indonesia. Pasukan Shin Tae-yong belum lagi menang dalam tiga laga terakhir.

Perinciannya adalah dua kali kalah dan sekali imbang. Timnas Indonesia terakhir menang pada 17 Oktober 2023 saat membantai Brunei Darussalam dengan skor 6-0.

Kekalahan dari Libya juga wajib dieavaluasi oleh pelatih Shin Tae-yong. Apalagi Timnas Indonesia akan bertempur di Piala Asia 2023 dan bersaing dengan Jepang, Irak, dan Vietnam.

Tag: Berita Bola,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE