Timnas Indonesia, Negara Pertama yang Bobol Thailand 5 Kali di Final SEA Games, Luar Biasa!

Posted on: | in Berita Bola

LigaIndo.news – Timnas Indonesia, menjadi negara pertama yang bobol Thailand 5 kali di final SEA Games. Kepastian itu didapat usai Timnas Indonesia U-22 membantai Timnas Thailand U-22 dengan skor 5-2 pada partai final SEA Games 2023 edisi ke-32 Kamboja.

Pertandingan tersebut berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, pada Selasa 16 Mei 2023 malam WIB. Ramadhan Sananta langsung membawa Timnas Indonesia U-22 unggul 2-0 pada babak pertama via dwigolnya di menit ke-21 dan 45+5.

Namun pada babak kedua, Timnas Thailand U-22 berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 melalui gol Anan Yodsangwal (65′) dan Yotsangkorn Burapha (90+7′). Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Beruntungnya, Timnas Indonesia U-22 unggul jumlah pemain pada babak perpanjangan waktu tersebut. Alhasil, Garuda Muda sukses mencetak tiga gol tambahan via Irfan Jauhari (91′), Fajar Fathur Rahman (107′), dan Beckham Putra (120′) sekaligus memastikan kemenangan Timnas Indonesia U-22 5-2 atas Thailand U-22.

Dengan demikian, Timnas Indonesia U-22 meraih emas ke-87 untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2023.

Ini juga menjadi medali emas ketiga Indonesia di ajang sepakbola SEA Games sepanjang sejarahnya. Terakhir kali medali emas berhasil dibawa pulang ke Tanah Air pada SEA Games 1991 alias 32 tahun lalu.

Luar biasanya, berkat kemenangan tersebut membuat Indonesia menjadi negara pertama yang bobol Thailand 5 kali di final SEA Games. Merujuk pada laman Wikipedia SEA Games, tidak ada negara selain Indonesia yang berhasil menjebol Thailand sebanyak 5 gol di partai final.

Adapun, Myanmar hanya mampu menjebol Thailand tiga gol pada final SEA Games 1993 di Singapura. Itu pun Myanmar harus menelan kekalahan 3-4 dari Thailand.

Lihat Juga:  Indra Sjafri Ungkap Konsultan Pelatih Timnas U-17 Indonesia Frank Wormuth Tiba di Indonesia

Vietnam Selatan juga hanya mampu menjebol Thailand tiga kali saat SEA Games masih bernama Peninsular Games Asia Tenggara pada 1959. Kala itu, Vietnam Selatan yang kini menjadi Vietnam 3-1 atas Thailand.

Dengan begitu, tidak ada negara lain selain Indonesia yang berhasil menjebol Thailand 5 kali di final SEA Games. Tentunya, hal ini merupakan prestasi tersendiri bagi Tim Merah Putih karena bisa membantai negara yang berjulukan raja sepakbola Asia Tenggara itu.

Untuk menyaksikan rangkaian acara SEA Games 2023, Anda bisa streaming langsung melalui Vision+ atau RCTI+ dan menonton pertandingan SEA Games secara lengkap mulai dari pertandingan olahraga, ceremonial, hingga berbagai highlights pertandingan yang sudah berlangsung.

Tag: Berita Bola,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE