2 Titik Lemah Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022: Apakah Ramadhan Sananta bisa Jadi Solusi?

Posted on: | in Berita Bola

LigaIndo.news – Timnas Indonesia U-24 tampil kurang meyakinkan selama fase grup Asian Games 2022. Untungnya, Skuad Garuda Muda bisa lolos ke babak 16 besar dengan predikat satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Di babak penyisihan Grup F, Timnas Indonesia U-24 hanya meraih satu kemenangan dan dua laga lagi berakhir dengan kekalahan. Salah satu penyebabnya karena Skuad Garuda Muda kesulitan mencetak gol.

Dari tiga laga itu, Timnas Indonesia U-24 juga cuma menyarangkan dua gol lewat Ramai Rumakiek dan Hugo Samir. Satu-satunya penyerang murni di dalam tim yaitu Titan Agung belum menunjukkan ketajamannya.

Dengan kondisi seperti itu, pelatih Timnas Indonesia U-24, Indra Sjafri memutuskan untuk memanggil lagi Ramadhan Sananta yang sebelumnya tidak dilepas Persis Solo. Lantas, apakah kehadiran bomber berusia 20 tahun itu bisa menjadi solusi? Berikut analisanya.

Tak Punya Playmaker

Dalam tiga laga fase grup, lini tengah Timnas Indonesia U-24 seringkali diisi oleh Taufany Muslihuddin, Syahrian Abimanyu, dan Rachmat Irianto. Dari ketiga nama itu, tidak ada yang bertipikal playmaker.

Saat penyerang dalam sebuah tim belum optimal, seorang playmaker biasanya kerap jadi pemecah kebuntuan. Peran itu tadinya diharapkan bisa diisi oleh Egy Maulana Vikri, dengan absennya Beckham Putra karena cedera.

Namun, Egy Maulana Vikri juga belum bermain sebaik di BRI Liga 1 2023/2024 bersama klubnya, Dewa United. Ia juga sepertinya lebih nyaman ditempatkan sebagai winger.

Penyerang Tengah Belum Optimal

Saat menang 2-0 atas Kirgistan pada matchday pertama Grup F, Timnas Indonesia U-24 bermain menurunkan formasi 4-3-3 dengan Titan Agung sebagai ujung tombak. Namun, bomber Bhayangkara FC itu gagal mengeluarkan potensi terbaiknya.

Gol justru datang dari Ramai Rumakiek dan Hugo Samir yang merupakan pemain sayap. Di laga kontra Korea Utara, Indra Sjafri coba bereksperimen dengan memasang dua penyerang, yakni Egy Maulana Vikri dan Ramai Rumakiek.

Lihat Juga:  3 Kelemahan Timnas Indonesia U-20 yang Wajib Dibenahi Shin Tae-yong: PR Besar Jelang Piala Asia dan Piala Dunia U-20 2023

Sayangnya, percobaan itu juga tidak berbuah hasil. Timnas Indonesia U-24 kalah 0-1 dari Korea Utara.

Sananta jadi Solusi?

Ramadhan Sananta diharapkan bisa jadi jawaban dari seretnya gol Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022. Ia mempunyai atribut lengkap sebagai seorang penyerang.

Ramadhan Sananta tak hanya buas di dalam kotak penalti. Top skor SEA Games 2023 itu juga punya kecepatan yang cukup baik.

Sejauh ini, Ramadhan Sananta pun tampil cukup baik bersama Persis di BRI Liga 1 2023/2024 dengan mengemas lima gol dari 10 laga. Ia juga turut menyumbang satu gol saat Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Chinese Taipei 9-0 di Kualifikasi Piala Asia 2024 beberapa waktu lalu.

Tag: Berita Bola,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE