Pembelaan Kim Pan-gon soal Timnas Malaysia Cuma Lawan 2 Tim Lemah untuk Persiapan Piala AFF 2022

Posted on: | in Berita Bola

LigaIndo.news – Pelatih timnas Malaysia, Kim Pan-gon buka suara terkait pemilihan dua lawan untuk persiapan Piala AFF 2022.

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) telah merilis dua calon lawan timnas Malaysia untuk persiapan jelang Piala AFF 2022 yakni Kamboja dan Maladewa.

Namun, penujukkan Kamboja dan Maladewa yang notabene berada di bawah rangking FIFA timnas Malaysia tersebut menuai kritikan.

Berdasarkan rangking FIFA terbaru per 6 Oktober 2022, Malaysia berada di urutan ke-146.

Sementara Kamboja menduduki posisi ke-177 dan Maladewa di peringkat ke-154 atau dua strip di bawah Indonesia.

Salah satu pihak yang menyoroti penunjukkan Kamboja dan Maladewa sebagai lawan uji coba adalah legenda timnas Malaysia, Khalid Ali.

Sebagai tim yang lolos Piala Asia 2023, Malaysia seharusnya mencari lawan yang memiliki ranking lebih tinggi, dan bukannya memilih lawan yang lebih lemah.

“Kami adalah tim yang lolos ke Piala Asia, kami harus mencari tim yang lebih baik dari kami,” ucap Khalid Ali dikutip BolaSport.com dari Harian Metro.

“Posisi ranking merupakan tolak ukur yang menunjukkan kekuatan tim, sehingga layak untuk mencari ranking yang lebih baik.”

“Mungkin Kim Pan-gon punya alasan, termasuk menurut saya ini hanya pertandingan latihan untuk tim sebelum Piala AFF nanti.”

“Tapi sekali lagi, saya berharap setelah ini kita mencari tim yang tinggi agar bisa meningkatkan permainan kita, kalah tidak apa-apa karena para pemain akan belajar sesuatu dari tim yang kuat,” tambahnya.

Hal senada diutarakan mantan pemain timnas Malaysia lainnya, Datuk M Karathu, yang menyebut Malaysia lebih baik berujicoba lawan klub Malaysia, seperti Johor Darul Takzim atau Kedah Darul Aman ketimbang melawan Kamboja dan Maladewa.

Lihat Juga:  Arsenal Lagi Bagus, Kieran Tierney Kirim Pesan ke Dua Tim

“Daripada lawan pasukan ranking rendah lebih baik kita melawan klub di Liga Malaysia saja. Atau lebih baik, dalam dua pertandingan itu, satu tim lemah dan satu lagi melawan tim kuat,” kata Karathu.

“Saat kami bermain melawan tim yang lemah, pelatih bisa memberikan kesempatan kepada pemain. Setelah itu, bermain melawan tim yang kuat agar pelatih bisa melihat peningkatan dari game pertama, imbuhnya.

Pelatih timnas Malayasia, Kim Pan-gon akhirnya buka suara mengenai pemilihan 2 calon lawan untuk persiapan Piala AFF 2022.

Menurutnya, Kamboja dan Maladewa jadi lawan yang sesuai dengan kriteria timnas Malaysia untuk persiapan.

“Kamboja jadi salah satu tim yang ikut di grup A (Piala AFF 2022), di mana pemilihannya sebagai calon lawan cocok untuk usaha kita mengidentifikasi area perbaikan di skuad kami, setelah berkumpul kembali untuk TC,” kata Kim Pan-gon dilansir BolaSport.com dari laman resmi FAM.

“Untuk Filipina dan Thailand, kita sudah pernah melawan mereka tahun ini dan kami percaya Kamboja bagus untuk persiapan kami.”

“Sementara untuk Maladewa, meski tim ini bukan dari ASEAN, mereka adalah dua kali juara Piala SAFF, yang punya corak permainan mirip dengan tim-tim Asia Tenggara.”

“Sebagai tambahan, Maladewa menang dua kali di FIFA Matchday September 2022, salah satunya melawan Laos, tim yang akan kami hadapi di Piala AFF 2022,” tambahnya.

Malaysia berada di grup B Piala AFF 2022 bersama Myanmar, Laos, Vietnam dan Singapura.

Tag: Berita Bola,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE