Update Progres Naturalisasi Jay Idzes untuk Timnas Indonesia: Sudah Masuk Kemenkumham

Posted on: | in Berita Bola

LigaIndo.news – PSSI terus mendorong proses naturalisasi pemain kelahiran Belanda, Jay Idzes. Bek Venezia di Serie B Liga Italia itu diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga memberikan perkembangan terbaru dari proses naturalisasi Jay Idzes. Selain itu, ia juga mengungkapkan tahapan-tahapannya.

“Harus dilihat, banyak yang tidak mengerti proses naturalisasi. Naturalisasi membutuhkan kehadiran fisik pemain,” ujar Arya Sinulingga.

“Jadi ketika ada proses administrasi harus datang ke Indonesia. Kehadiran mereka itu biasanya pada saat FIFA Matchday. Klubnya lagi tidak bisa main, dia bisa ke sini,” katanya menambahkan.

Diproses ketika FIFA Matchday
Arya Sinulingga mengatakan, proses naturalisasi Jay Idzes sudah masuk ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) setelah diteruskan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Setelah itu, bakal ditinjau Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg).

“Ketika ada FIFA Matchday, itu proses naturalisasinya jalan. Administrasi sekarang, kemarin sudah beres dari Kedubesnya, Belanda,” ucapnya.

Kemudian, naturalisasinya akan diproses DPR, lalu Presiden, sebelum keluar Keputusan Presiden (Keppres). Sesudah itu, Jay Idzes baru bisa diambil sumpah kewarganegaraan.

Tahapan demi Tahapan

Pada periode FIFA Matchday 4-12 September 2023, Jay Idzes datang ke Indonesia dan bertemu Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Ia memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya.

“Kemudian dari rekomendasi Kemenpora, sekarang masuk ke Kemenkumham. Mudah-mudahan habis ini urusan kewarganegaraan. Setelah itu masuk ke Kemensesneg,” tutur Arya Sinulingga.

“Diusulkan ke DPR. Ketika DPR biasanya ada sidang. Bisa online. Komisi III dan X. Setelah itu rapat paripurna DPR. Dilihat lagi jadwal paripurna kapan akan kami sesuaikan.”

“Setelah itu baru masuk ke Presiden, keluar lah Keppres baru diambil sumpah. Dari sumpah pastikan lagi berpindah federasi. Mereka harus hadir fisik. Kalau kami cukup dua kali hadir fisik,” imbuhnya.

Lihat Juga:  Biokot Liga Super Eropa, Sassuolo Ingin Tolak Tanding Melawan AC Milan di Serie A

Tag: Berita Bola,


COMMENTBOX



Random Posts




FANSPAGE